Senin, 23 Mei 2011

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran


PENERAPAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Teknologi Informasi dan Komunikasi didefinisikan sebagai seperangkat alat teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk berkomunikasi, dan untuk membuat, menyebarkan, menyimpan, dan mengelola informasi. Teknologi ini termasuk komputer, Internet, penyiaran teknologi (radio dan televisi), dan telepon.
Globalisasi menyebabkan munculnya ekonomi global yang berimplikasi kepada terbukanya peluang bagi dunia pendidikan untuk menggunakan teknologi secara luas. Sehingga dalam paradigma pendidikan mengalami pergeseran dan pengajaran menjadi pembelajaran. Pembelajaran adalah proses mempengaruhi seseorang untuk belajar sehingga dapat dikatakan "belajar untuk belajar,": yaitu, perolehan pengetahuan dan keterampilan yang membuat terus belajar sepanjang waktu. Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi  prinsip belajar sepanjang hayat ini dapat terjembatani. Sehingga peran TIK dalam pembelajaran sangat sentral di era Globalisasi sekarang ini.Simak
Baca secara fonetik
Kamus

Penerapan TIK dalam pembelajaran secara umum sudah mengalami kemajuan hal ini dapat terlihat dari beberapa sekolah yang sudah menerapkan TIK dalam pembelajaran di kelas.  Sebagai indicator kemajuan TIK dalam pembelajaran di sekolah, diantaranya sudah ada peningkatan jumlah sekolah yang  memiliki website dan menerapkan TIK dalam pembelajaran di sekolah. Mengingat TIK dapat mempermudah pembelajaran yang sulit sehingga akan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam kelas. Dampak dari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran ini sudah cukup baik bagi siswa, guru maupun sekolah secara umum. Walaupun sudah mengalami kemajuan tetapi  tetapi ada beberapa hambatan yang perlu mendapatkan perhatian bersama. Beberapa hambatan itu diantaranya ialah:
1.         Kurangnya kebijakan dalam pengembangan TIK di sekolah
Secara umum kepala sekolah belum mempunyai persamaan persepsi dalam hal pengembangan TIK di sekolah. Kepala sekolah masih belum banyak yang memandang perlu pengembangan TIK di sekolah karena sebagian besar kepala sekolah masih memandang TIK sebagai sesuatu yang mahal yang belum perlu mendapatkan prioritas dalam pengembangan. Walaupun sudah ada tetapi jumlah kepala sekolah yang sudah memiliki komitmen dalam pengambangan TIK masih sedikit.
2.         Kurangnya fasilitas TIK dalam pembelajaran di sekolah
Kurangnya fasilitas ini dapat dilihat dari masih banyaknya sekolah yang belum memiliki fasilitas listrik, kalaupun sudah mempunyai fasilitas listrik sekolah tersebut belum banyak yang memiliki jaringan internet sebagai penyedia layanan. Dalam hal ini pemanfaatan TIK baru sebatas penggunaan Tape Recorder maupun OHP.
3.          Masih kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan TIk dalam pembelajaran.
Kurangnya kemampuan guru dalam pemanfaatan TIK merupakan masalah yang cukup serius dalam rangka pengembangan TIK dalam pembelajaran di sekolah. Pemerintah sudah berusaha meningkatkan kemampuan guru dalam TIK melalui pelatihan-pelatihan tetapi hasilnya belum menggembirakan. Kurangnya minat guru dalam pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran merupakan permasalahan yang serius untuk ditangani. Sebagian besar guru masih berfikiran tradisional sehingga belum memandang perlu mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran.
Kurangnya fasilitas TIK sebenarnya  bukanlah menjadi halangan dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran apabila disertai “minat dan keinginan” yang tinggi bagi guru, kepala sekolah, maupun pemangkukebijakan di sekolah.  Selain minat dan keinginan memang perlu “Duit” dalam pengembangan TIK dalam pembelajaran yaitu perlu adanya “Dorongan”  yang kuat dari guru dalam memanfaatkan TIK, disertai “Usaha” yang keras dengan belajar dan perlu sedikit mengeluarkan “Investasi” dalam membelanjakan sebagian gaji kita untuk membeli fasilitas pendukung dalam TIK, dan “Tekat” yang kuat untuk hidup lebih maju dengan berusaha memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Hidup adalah perubahan,  kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi ?.

1 komentar:

  1. Salam kenal
    bagus blog ini, mari menyongsong teknologi masa depan, kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#berpacu

    BalasHapus