PENYEMPURNAAN KURIKULUM 2013
Yang
menjadi pertimbangan dalam perubahan kurikulum adalah karena adanya
perkembangan terkait penerapan metodologi pendidikan yang tidak lagi berupa pengajaran demi
kelulusan ujian (teaching to the test), namun pendidikan menyeluruh yang
memperhatikan kemampuan sosial, watak, budi pekerti, kecintaan terhadap
budaya-bahasa Indonesia melalui penyesuaian sistem Ujian Akhir Nasional pada
2011 dan penyempurnaan kurikulum sekolah dasar dan menengah sebelum tahun 2011
yang diterapkan di 25% sekolah pada 2012 dan 100% pada 2014;
Penataan ulang kurikulum sekolah yang dibagi
menjadi kurikulum tingkat nasional, daerah, dan sekolah sehingga dapat
mendorong penciptaan hasil didik yang mampu menjawab kebutuhan SDM untuk
mendukung pertumbuhan nasional dan daerah dengan memasukkan pendidikan
kewirausahaan (diantaranya dengan mengembangkan model link and match).
Permasalahan Kurikulum
2006/KTSP
Beberapa
permasalahan kurikulum tahun 2006/KTSP yang menyebabkan terjadinya
penyempurnaan kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
•
Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan
dengan banyaknya matapelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat
kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak.
• Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai
dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
•
Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain
sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
•
Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan
kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif,
keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum
terakomodasi di dalam kurikulum.
•
Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan
sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
•
Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan
pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam
dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru.
•
Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian
berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya
remediasi secara berkala.
•
Kemampuan guru
belum disiapkan secara matang sehingga kebanyakan hanya copy-paste kurikulum
sekolah lain.
Alternatif Penyempurnaan Kurikulum
Alternatif
penyemournaan kurikulum sekolah tahun 2013 adalah sebagai berikut:
Kurikulum SD
Alternatif 1
No
|
Komponen
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
A
|
Kelompok A
|
||||||
1
|
Pend. Agama
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
Pend. Pancasila & Kewarganegaraan
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
8
|
10
|
10
|
10
|
10
|
4
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
B
|
Kelompok B
|
||||||
1
|
Seni Budaya & Prakarya (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
2
|
Pend. Jasmani, OR & Kes. (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Jumlah
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
Alternatif 2
No
|
Komponen
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
A
|
Kelompok A
|
||||||
1
|
Pend. Agama
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
Pend. Pancasila & Kewarganegaraan
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
8
|
10
|
10
|
10
|
10
|
4
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
B
|
Kelompok B
|
||||||
1
|
Seni Budaya & Prakarya (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
2
|
Pend. Jasmani, OR & Kes. (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Jumlah
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
Alternatif 3
No
|
Komponen
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
A
|
Kelompok A
|
||||||
1
|
Pend. Agama
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
2
|
Pend. Pancasila & Kewarganegaraan
|
5
|
6
|
6
|
6
|
4
|
4
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
8
|
10
|
10
|
5
|
5
|
4
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
5
|
IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
|
6
|
IPS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
|
B
|
Kelompok B
|
||||||
1
|
Seni Budaya & Prakarya (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6
|
6
|
2
|
Pend. Jasmani, OR & Kes. (termasuk mulok)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Jumlah
|
30
|
32
|
34
|
36
|
36
|
36
|
Kurikulum SMP
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
PER MINGGU [JP]
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A
|
|
|
|
|
1.
|
Pendidikan
Agama
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
|
|
|
|
|
1.
|
Seni Budaya (termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
(termasuk muatan
lokal)
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya
(termasuk muatan lokal)
|
4
|
4
|
4
|
Jumlah Alokasi
Waktu Per Minggu
|
38
|
38
|
38
|
Rasionalisasi Penambahan Jam Pelajaran
•
Perubahan proses pembelajaran [dari siswa diberi tahu menjadi
siswa mencari tahu] dan proses penilaian [dari berbasis output menjadi
berbasis proses dan output] memerlukan penambahan jam pelajaran
•
Kecenderungan akhir-akhir ini banyak negara menambah
jam pelajaran
•
Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam
pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat
Casinos near Casino Vero, Italy
BalasHapusCasinos 메이플 캐릭터 슬롯 near Casino Vero, Italy. Explore our 총판모집 map, winwin 토토 search to find and compare the casinos closest to 해외 축구 스코어 Casino Vero in 바카라필승전략 Gambling area.