Jumat, 14 Oktober 2011

Silabus IPS Terpadu Berkarakter


 

Silabus

               Sekolah                     : SMP Negeri 6 Muaro Jambi
               Kelas                          : VIII (delapan)
               Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema                           : Seabad Kebangkitan Bangsaku
               Semester                    : 1 (satu)

             Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
 2. Memahami proses kebangkitan nasional.
 3. Memahami masalah penyimpangan sosial.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Budaya dan
Kareakter Bangsa
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Kewirausahaan
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1  Mendeskripsikan kon disi fisik wilayah dan penduduk





































Letak geografis Indonesia (posisi geografis dan letak geografis).


Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.



Musim di Indonesia.








Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah  Wallacea dan Weber.




Persebaran jenis tanah di Indonesia.
Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia.







Mengamati peta tentang posisi geografis dan letak geografis  Indonesia.



Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan iklim di Indonesia.

                 


Mengkaji kaitan letak geografis dengan waktu dan perubahan musimdi Indonesia.







Membuat peta persebaran flora dan fauna Indonesia.










Mengamati peta tentang persebaran jenis tanah di Indonesia.
Diskusi tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.


  • Kerja keras
kerja keras




  • Mandiri
Mandiri,





  • Tanggung jawab
  • Mandiri


Mandiri





  • Kerja keras
  • Tanggungjawab

Kerja kera
Mandiri







  • Kerja keras


Kerja keras




Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia dengan kerja keras


Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.



Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.


Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.





Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tes tulis





Tes tulis






Tes tertulis








Non tes











Non tes

Tes Uraian





Tes Uraian






Tes uraian









Uji Petik Kerja Produk









Uji petik kerja produk

 Tuliskankan letak  Geografis wilayah  
 Indonesia?



Jelaskan kaitan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.



Jelaskan pengaruh letak geografis  terhadap musim di Indonesia






Buatlah peta persebaran flora dan fauna di Indonesia









Buatlah Peta persebaran jenis tanah di Indonesia dengan memberikan warna yang berbeda untuk jenis tanah yang berbeda


4 JP

Peta Indonesia
Atlas
Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
Peta angin muson di Indonesia.
Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
Peta perse baran jenis tanah di Indonesia.
Buku Geografi yang relevan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter Budaya Bangsa
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Kewwirausahaan
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.2. Mengurai-
kan proses ter
bentuknya ke
sadaran
nasional, iden titas Indonesia , dan perkemba  ngan pergerak an kebangsaan Indonesia


Perkembangan pendidikan Barat dan perkem bangan pendi dikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia





Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional
Indonesia


Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasinalisme Indonesia


Peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
Membaca buku referensi tentang perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia








Mendiskusikan  peranan  golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam mengembangkan wilayah dan lingkungannya kemudian membandingkan dengan peranan golongan terpelajar ,profesionaldan pers pada masa pergerakan nasional


Membaca buku referensi tentang perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia





Menelaah peran manifesto politik 1928,dan Konggres Pemuda 1928,dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia dengan membaca buku referensi dan mengamati gambar
·      Mandiri
·      Gemar membaca
 
    Mandiri










·      Demokrasi
 
  Toleransi








·      Mandiri
·      Gemar membaca
  Kerja keras
  Mandiri








·      Tanggung jawab
·      Mandiri
  Kerja keras
       Mandiri
Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia






Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia





Mendiskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia





Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia


Tes tulis













Tes tulis










Tes tulis











Non tes









Tes pilihan ganda












Tes uraian










Tes uraian











Uji Petik Kerja Produk

Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah....
a.melahirkan golongan terpelajar
b.melahirkan tokoh politik
c.memunculkan ahli ekonomi
d.munculnya golongan anti Belanda


Jelaskan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia




Sebutkan contoh –contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan






Buatlah kliping dari   sumber-sumber yang relefan tentang manifesto politik, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama
10JP




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
kewirausahaan
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.2.  Mengident
fikasi berbagai usaha pencega han penyimpa ngan sosial dalam keluarga dan masyarakat


Akibat penyim pangan sosial
dalam keluarga
dan masyarakat






Faktor-faktor  pe nyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat


Upaya-upaya pen cegahan penyim pangan sosial
dlm keluarga dan masyarakat.



Diskusi tentang akibat dari penyimpangan sosial dalam
keluarga dan masyarakat.

                                       





faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial


.



    Diskusi tentang upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial
     Dalam keluarga dan masyarakat


.


·      Demokratis
       Toleransi








·      Jujur







·      Demokratis
      Toleransi
     

Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.






Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,




Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.


Tes tertulis








Tes tulis







Tes tulis

Tes uraian








Tes Uraian







Tes Uraian

Jelaskan akibat penyimpangan sosial bagi keluarga






Tuliskan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial !





Tuliskan upaya-upaya untuk mencegah penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat!



Gambar-gambar perilaku penyimpangan sosial.

Keluarga
Masyarakat
Media massa
Media elektronik
Buku yang relevan.



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                    Sengeti,  20 Juni 2011
Kepala SMP Negero 6 Muaro Jambi                                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran




…………………………..                                                                                                                                                                              ……………………………….
NIP                                                                                                                                                                                                                 NIP.