RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N. 6 Muaro Jambi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Tema : Seabad Kebangkitan Bangsaku
Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
2. Memahami proses kebangkitan nasional.
3. Memahami masalah penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar :
1.1.Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
2.3. Mengidentfikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Indikator :
1. Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia dengan kerja keras
2. Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
3. Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan
4. Berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
5. Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
6. Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
7. Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia
8. Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
9. Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
10. Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
11. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,
12. Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :
1. Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia dengan kerja keras
2. Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
3. Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan
4. Berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
5. Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
6. Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
7. Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia
8. Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
9. Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
10. Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
11. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,
12. Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Nilai Karakter
Ø Kerja keras
Ø Mandiri
Ø Tanggung jawab
Ø Mandiri
Ø Gemar membaca
Ø Demokrasi
Ø Cinta tanah air
Ø Semangat kebangsaan
Kewirausahaan :
Ø Kerja keras
Ø Mandiri
Ø Toleransi
B. Materi Ajar
Ø Kondisi fisik wilayah indonesia
Ø latak Indonesia
Ø Iklim di Indonesi
Ø Wilayah daratan
Ø Keanekaragaman hayati
Ø Persebaran jenis tanah di Indonesia
Ø Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial di Indonesia
Ø Peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers
Ø Perkembangan pergerakan nasional Indonesia
Ø Pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
Ø Akibat penyimpangan sosial
Ø Penyimpangan sosial,
C. Metode Pengajaran*:
a. Diskusi Cooperative learning model Number Head Together
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi
b. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dibagi dalam 4 kelompok dengan berhitung 1 sampai 6 kemudian kembali ke 1 dan seterusnya, kelompok 1 siswa nomor 1 sampai 6, dan seterusnya kelompok 2,……
F Kemudian guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi terkait tema seabad kebangkitan bangsaku.
F Setiap kelompok mendiskusikan materi sesuai tugas kelompok :
Ø Kelompok 1 materi pengaruh letak geografis terhadap musim Indonesia
Ø Kelompok 2 materi pengaruh letak geografis terhadap kondisi fisik di Indonesia
Ø Kelompok 3 materi pengaruh perkembangan pendidikan, pers dan kaum terpelajar terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia
Ø Kelompok 4 materi perubahan social masyarakat
F Setiap peserta didik dalam kelompok mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F Mendorong siswa untuk bertukar informasi dalam memecahkan masalah sesuai permasalahan dalam kelompoknya.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan diskusi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memfasilitasi peserta didik melalui diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F peserta didik membuat laporan hasil diskusi kelompok;
F Perwakilan kelompok melakukan presentasi, kelompok lain memberikan tanggapan.
F Guru dengan siswa bersama-sama mengaitkat keterpaduan materi dalam tema “Seabad kebangkitan bangsaku” dengan mengaitkan bagaimana rasa nasionalisme bangsa kita dimasa kini dengan masa lalu. (nilai karakter cinta tanah air/semangat kebangsaan).
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten.
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
E. Sumber Belajar
Ø Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu, BSE IPS terpadu
Ø Peta Indonesia
Ø Atlas
Ø Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
Ø Peta angin muson di Indonesia.
Ø Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
Ø Peta persebaran jenis tanah di Indonesia.
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen | |
Ü Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia. Ü Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia. Ü Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia. Ü Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. Ü Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia. Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia Ü Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial, Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. | Tes lisan Tes tulis Non tes Tes tulis Non tes Tes tulis Tes tulis Tes tulis Penugasan Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Daftar pertanyaan Tes Uraian Uji petik kerja produk Pilihan ganda Uji petik kerja produk Tes pilihan ganda Tes uraian Tes uraian Tugas rumah Tes uraian Tes tertulis Tes tertulis | Ü Sebutkan letak astronomis wilayah Indonesia? Ü Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia. Ü Buatlah peta pola angin muson di Indonesia! Ü Contoh fauna Asiatis antara lain …. a. kuskus dan cendrawasih b. badak dan harimau c. banteng dan komodo d. anoa dan babirusa Ü Buatlah Peta persebaran jenis tanah dengan memberikan warna yang berbeda untuk jenis tanah yang berbeda di Indonesia Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah.... a.melahirkan golongan terpelajar b.melahirkan tokoh politik c.memunculkan ahli ekonomi d.munculnya golongan anti Belanda Jelaskan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Sebutkan contoh –contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan Buatlah kliping tentang peran manifesto politik, konggres pemuda dan konggres perempuan pertama dalam pembentukan identitas bangsa Jelaskan akibat penyimpangan sosial bagi keluarga Tuliskan faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial Tuliskan upaya mencegah penyimpangan sosial dalam keluarga |
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No | Nama Siswa | Aspek Yang diamati | Jumlah | |||
Inisiatif | Keaktifan | Kerjasama | Presentasi | Nilai | ||
1 | Andi | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
*) skor maksimal tiap aspek 3 (1 : kurang, 2 : baik, 3 : amat baik)
2. Lembar Penilaian Tugas :
No | Nama Siswa | Aspek Yang dinilai | Jumlah | |||
ketepatan waktu | Kerapihan Pekerjaan | Kerapihan Pekerjaan | Esensi jawaban | Nilai | ||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
*) Skor maksimal tiap aspek 3 (1 : kurang, 2 : baik, 3 : amat baik)
*) Norma Penilaian :
Mengetahui, Kepala SMP N. 6 Muaro Jambi Ismiyanto, M.Pd. NIP.197301091994121001 | | Sengeti, 12 Oktober 2011 Guru Mapel Sugiyanto, S.Pd. NIP.197110161998031007 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar