Jumat, 14 Oktober 2011

RPP IPS Terpadu Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMP N. 6 Muaro Jambi
Mata Pelajaran          :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       :  VIII / 1 (satu)
Tema                        : Seabad Kebangkitan Bangsaku
Alokasi Waktu          : 4 X 40 Menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
2. Memahami proses kebangkitan nasional.
3. Memahami masalah penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar    :
1.1.Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan  penduduk
2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
2.3. Mengidentfikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

Indikator :
1.        Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia dengan kerja keras
2.        Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
3.        Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan
4.        Berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
5.        Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
6.        Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
7.        Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia
8.        Mendiskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
9.        Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
10.    Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
11.    Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,
12.    Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, peserta didik  dapat :
1.      Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia dengan kerja keras
2.         Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
3.         Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan
4.         Berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
5.         Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
6.         Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
7.         Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia
8.         Mendiskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
9.         Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
10.     Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
11.     Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,
12.     Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Nilai Karakter
Ø  Kerja keras
Ø  Mandiri
Ø  Tanggung jawab
Ø  Mandiri
Ø  Gemar membaca
Ø  Demokrasi
Ø  Cinta tanah air
Ø  Semangat kebangsaan
Kewirausahaan                                        :     
Ø  Kerja keras
Ø  Mandiri
Ø  Toleransi
B. Materi Ajar
Ø  Kondisi fisik wilayah indonesia
Ø  latak Indonesia
Ø  Iklim di Indonesi
Ø  Wilayah daratan
Ø  Keanekaragaman hayati
Ø  Persebaran jenis tanah di Indonesia
Ø  Pengaruh perluasan kekuasaan kolonial di Indonesia
Ø  Peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers
Ø  Perkembangan  pergerakan nasional Indonesia
Ø  Pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
Ø  Akibat penyimpangan sosial
Ø  Penyimpangan sosial,

C. Metode Pengajaran*:
a. Diskusi Cooperative learning model Number Head Together

D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi
b. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dibagi dalam 4 kelompok dengan berhitung 1 sampai 6 kemudian kembali ke 1 dan seterusnya, kelompok 1 siswa nomor 1 sampai 6, dan seterusnya kelompok 2,……
F Kemudian guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi terkait tema seabad kebangkitan bangsaku.
F Setiap kelompok mendiskusikan materi sesuai tugas kelompok :
Ø  Kelompok 1 materi pengaruh letak geografis terhadap musim Indonesia
Ø  Kelompok 2 materi pengaruh letak geografis terhadap kondisi  fisik di Indonesia
Ø  Kelompok 3 materi pengaruh perkembangan pendidikan, pers dan kaum terpelajar terhadap munculnya nasionalisme di Indonesia
Ø  Kelompok 4 materi perubahan social masyarakat
F  Setiap peserta didik dalam kelompok mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F  Mendorong siswa untuk bertukar informasi dalam memecahkan masalah sesuai permasalahan dalam kelompoknya.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan diskusi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memfasilitasi peserta didik melalui diskusi  untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  peserta didik membuat laporan hasil diskusi kelompok;
F  Perwakilan kelompok melakukan presentasi, kelompok lain memberikan tanggapan.
F  Guru dengan siswa bersama-sama mengaitkat keterpaduan materi dalam tema “Seabad kebangkitan bangsaku” dengan mengaitkan bagaimana rasa nasionalisme bangsa kita dimasa kini dengan masa lalu. (nilai karakter cinta tanah air/semangat kebangsaan).
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik  membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten.
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

E. Sumber Belajar
Ø   Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu, BSE  IPS  terpadu
Ø   Peta Indonesia
Ø   Atlas
Ø   Peta pembagian wilayah waktu di Indonesia.
Ø   Peta angin muson di Indonesia.
Ø   Peta pembagian wilayaf flora dan fauna Indonesia.
Ø   Peta persebaran jenis tanah di Indonesia.


F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Ü  Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.

Ü  Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

Ü  Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.

Ü  Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.

Ü  Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia



Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia

Mendiskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia

Ü  Mendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia

Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,

Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Tes lisan




Tes tulis




Non tes






Tes tulis






Non tes 




Tes tulis










Tes tulis






Tes tulis







Penugasan







Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis



Daftar pertanyaan



Tes Uraian




Uji petik kerja produk





Pilihan ganda






Uji petik kerja produk



Tes pilihan ganda









Tes uraian






Tes uraian







Tugas rumah






Tes  uraian



Tes tertulis



Tes tertulis



Ü  Sebutkan letak  astronomis  wilayah Indonesia?


Ü  Jelaskan kaitan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.

Ü  Buatlah peta pola angin muson di Indonesia!






Ü  Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a.    kuskus dan cendrawasih
b.   badak dan harimau
c.    banteng dan komodo
d.   anoa dan babirusa

Ü  Buatlah Peta persebaran jenis tanah dengan memberikan warna yang berbeda untuk jenis tanah yang berbeda di Indonesia

Pengaruh pendidikan Barat terhadapbangsa Indonesia ialah....
a.melahirkan golongan terpelajar
b.melahirkan tokoh politik
c.memunculkan ahli ekonomi
d.munculnya golongan anti Belanda

Jelaskan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia

Sebutkan contoh –contoh organisasi kebangsaan yang bersifat etnik ,kedaerahan dan keagamaan



Buatlah kliping tentang peran manifesto politik, konggres pemuda dan konggres perempuan pertama dalam pembentukan identitas bangsa

Jelaskan akibat penyimpangan sosial bagi keluarga

Tuliskan faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial


Tuliskan upaya mencegah penyimpangan sosial dalam keluarga
           






1.  Lembar Pengamatan Diskusi    
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai
 1
Andi 








































*) skor maksimal tiap aspek 3 (1 : kurang, 2 : baik, 3 : amat baik)

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai




































*) Skor maksimal tiap aspek 3 (1 : kurang, 2 : baik, 3 : amat baik)
            *) Norma Penilaian :

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP N. 6 Muaro Jambi



Ismiyanto, M.Pd.
NIP.197301091994121001

Sengeti, 12 Oktober 2011
Guru Mapel 



Sugiyanto, S.Pd.
NIP.197110161998031007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar